Sabtu, 11 Januari 2014

Pembangunan Masa Kini Pencekikan Anak Cucu



Pembangunan adalah usaha untuk dapat menaikkan manfaat yang  kita dapatkan dari sumberdaya. Kenaikan tersebut dapat kita peroleh dengan menggunakan lebih banyak sumber daya. Kenaikan manfaat dapat juga dicapai dengan menaikkan efisiensi penggunaan sumberdaya, tanpa menaikkan jumlah sumberdaya yang telah kita pakai. Dengan usaha ini kita mendapatkan hasil yang lebih besar dengan sejumlah sumberdaya yang sama. Kedalam usaha menaikkan efisiensi penggunaan sumberdaya termasuk pula daur ulang. Usaha menaikkan efisiensi terutama penting dengan makin banyknya persediaan sumberdaya relatif terhadap kebutuhan. Kenaikan kebutuhan tersebut disebabkan oleh kenaikan jumlah penduduk maupun permintaan orang per orang. Usaha menaikkan sumberdaya tidak saja penting untuk sumberdaya yang terbarui melainkan juga pada sumber daya yang dapat diperbarui.
gambar 1: gambar pembangunan hotel di lereng Gunung Panderman Kota Batu
 
gambar 2 ; gambar alam sebelum diadakannya pembangunan hotel
 
Usaha tersebut penting dari 2 sisi yakni:
1.       Untuk sumber daya yang terbarui kenaikan intensitas eksploitasi mempertinggi resiko kerusakan suber daya. Kerusakan tersebut dapat membuat sumberdaya itu menjadi tak terbarui, kecuali dengan biaya tinggi dan proses yang cukup rumit. Sedangkan sumber daya tak terbarui, kenaikan intensitas eksploitasi akan mempercepat kenaikan sumberdaya. Artinya sumberdaya itu akan cepat habis.
2.       Penggunaan sumberdaya dalam jumlah yang makin besar pada umumnya akan memperbesar masalah pencemaran. Pencemaran itu secara umum akan mengurangi kemampuan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Secara khusus ia akan mengurangi kemampuan sumberdaya yang terbarui untuk meperbarui diri. Usaha daur ulang mempunyai efek mengurangi risiko pencemaran dan penyusutan sumberdaya.
Cara yang ketiga untuk dapat menjamin persediaan sumberdaya selama mungkin ialah mencari sumberdaya alternatif. Namun mencari sumberdaya alternatif hanyalah mungkin apabila ada keanekaan sumberdaya. Oleh karena itu memelihara keanekaragaman sumberdaya, merupakan usaha yang esensial dalm pembangunan. Berkurangnya keanekaragaman sumberdaya, berarti berkurangnya pilihan. Dan ini berarti menurunnya mutu lingkungan. Arti penting usaha itu tidak saja untuk hari kini, melainkan juga untuk hari depan. Harus dijaga agar pembangunan tidak menutup secara dini pilihan kita di hari depan. Sebab, kebutuhan kita tidak saja terus bertambah tapi juga terus berunah-ubah dari waktu ke waktu. Jangan sampai pilihan anak cucu kita lebih sempit dari kita.
Haruslah pula kita sadari bahwa tidak semua jenis sumberdaya dapat disubtitusi dengan mengembangkan teknologi. Misalnya, menurunkan produksi kayu karena menyusutnya hutan tidak dapat dinaikkan lagi dengan alternatif mengembangkan teknologi yang dapat dengan cepat menebang hutan. Teknologi itu akan memperparah kondisi. Demikian pula dengan menurunnya produksi ikan laut karena berkurangnya sumberdaya ikan tidak dpat digantikan dengan alternatif pengembangan teknologi yang lebih efisien dalam penangkapan ikan.
Sumberdaya yang paling utama ialah manusia. Pada akhirnya manusialah yang menentukan berhasil atau gagal nya pembangunan. Kuantitas sumberdaya kita besar, tetapi mutunya masih rendah. Seyogyanya pembangunan mempunyai tujuan utama menaikkan mutu sumberdaya manusia. Dengan mutu sumber daya manusia yang tinggi keterbatasan sumber daya alam dapat diatasi. Misalnya Jepang, Singapura dan Netherland tidak banyak mempunyai sumberdaya alam. Tetapi, mutu sumberdaya manusianya tinggi. Negara mereka maju. Mutu harus pula mencakup sikap manusia terhadap lingkungan hidupnya. Sebab hanya dalam lingkungan yang optimal manusia dapat berkembang dengan baik, dan hanya dengan manusia yang baik, lingkungan dapat berkembang ke arah yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar