Selasa, 29 November 2011

resum diskusi pertama



Kelompok 1:


>>Pengertian Dasar Dalam Ekologi Tumbuhan<<

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi atau hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Ekologi didalam tanaman dibagi menjadi dua pengertian, yaitu yang pertama ekologi sebagai ilmu dan yang kedua adalah sebagai tanaman objek.
Pendekatan Ekologi Tumbuhan terdiri dari autekologi dan sinekologi. Autekologi  adalah ekologi yang mempelajari suatu spesies organisme atau organisme secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Contohnya mempelajari adaptasi pohon merbau di padang alang-alang. Sedangkan sinekologi adalah ekologi yang mempelajari kelompok organisme yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling berinteraksi dalam daerah tertentu. Contohnya mempelajari struktur dan komposisi spesies tumbuhan di hutan rawa, hutan gambut, atau di hutan payau.
Perbedaan autekologi dan sinekologi sudah sangat jelas yaitu pada autekologi  mempelajari suatu spesies sedngakan pada sinekologi mempelajari kelompok organisme, tapi masih banyak perbedaan lainnya yaitu autekologi bersifat eksperimental, induktif, kuantitatif dan dapat dilakukakn berdasarkan rancangan percobaan atau eksperimental design, sedangakn sinekologi bersifat filosofis, deduktif, deskriptif dan Sulit dengan pendekatan rancangan percobaan atau eksperimental design.



Kelompok 2:


>>Tumbuhan Dalam Lingkungan<<

Lingkungan merupakan kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energy surya, mineral serta flora dan juga fauna.
Tumbuhan didalam lingkungan terbagi menjadi dua ,yaitu :

1.      Lingkungan Makro : suatu lingkungan yang berpengaruh secara umum ataupun regional
2.      Lingkungan Mikro: habitat pada suatu organisme yang mempunyai hubungan  berupa factor fisik dengan lingkungan disekitarnya.

Lingkungan Abiotik adalah lingkungan yang tidak bernyawa atau di dalamnya tidak didapatkan kehidupan. Contoh lingkungan abiotik adalah tanah, udara, air, iklim, kelembapan, cahaya dan juga bunyi. Adapun factor yang mempengaruhi lingkungan abiotik antara lain adalah : -tanah, -suhu ,-air ,-udara ,-mineral ,-keasaman ,-topografi
Lingkungan Biotik adalah suatu lingkungan di dalamnya terdapat kehidupan. Contoh lingkungan biotic adalah  : Hewan, manusia dan juga mikroorganisme.
Abaptasi adalah penyesuaian mahkluk hidup dimana mahkluk hidup sangat sulit untuk menyesuaikan dengan lingkungan, karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung pada cara kehidupan mahkluk hidup tersebut.
Macam – macam abaptasi antara lain :
a.      Adaptasi Morfologi
b.      Adaptasi Fisiologi
c.      Adaptasi Tingkatan
          Di alam terdapat factor pembatas. Factor ini berfungsi untuk membatasi pertumbuhan makhluk hidup sehingga perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup tidak melebihi batas dan tetap seimbang. Adanya faktor pembatas ini menyebabkan mekhluk hidup melakukan abaptasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar