Sabtu, 26 November 2011

Benalu, Tanaman Parasit



Benalu, Tanaman Parasit

            Mungkin para pembaca telah mengenal apa yang disebut sebagai tanaman benalu. Yupz, benalu merupakan tanaman parasit obligat yang hidup pada batang (dahan) pohon lain. Benalu berasal dari suku Loranthaceae . oleh karena itu tumbuhan benalu sering disebut sebagai tumbuhan Loranthus Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Tumbuhan ini menghasilkan getah yang lengket. Persebaran tumbuhan ini terjadi dibantu unggas (ornithokori). Apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon yang sesuai, bijinya akan berkecambah dan benalu muda tumbuh.
            Benalu merupakan tumbuhan yang menunjukkan adanya simbiosis parasitisme pada tumbuhan. Parasitisme merupakan hubungan antara dua organism yang berbeda jenis, yang satu diuntungkan dan yang lain dirugikan. Benalu mampu berfotosintesis karena memiliki zat hijau daun, tetapi benalu menyerap air dari inangnya. Hal ini menyebabkan pertumbuhan inang yang ditumpangi menjadi terganggu karena kebutuhan air untuk fotosintesis berkurang sehingga makanan yang dihasilkan sedikit. Jika benalu makin tumbuh dan berkembang, maka inang dapat mengalami kematian.
Klasifikasi
            Kingdom           : Plantae
            Divisi                : Magnoliophyta
            Kelas                : Magnoliopsida
    Ordo                : Santales
    Famili               : Laranthaceae
            Genus               : Loranthus
Tumbuhan parasit yang menggantungkan sebagian sumber energi pada tumbuhan inang disebut parasit fakultatif dan tumbuhan yang sepenuhnya menggantungkan sumber energi pada tumbuhan inang disebut sebagai parasit obligat (parasit sejati). Parasit fakultatif masih memiliki organ fotosintetik yang berfungsi secara normal sebagaimana tumbuhan bukan parasit. Contoh kelompok pertama ini misalnyamistletoe. Contoh kelompok kedua (parasit sejati) adalah tali putri (Cuscuta), benalu, dan padma (Rafflesia).



Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Tumbuhan ini menghasilkan getah yang lengket. Persebaran tumbuhan ini terjadi dibantu unggas (ornithokori). Apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon yang sesuai, bijinya akan berkecambah dan benalu muda tumbuh.
Keunikan Benalu
Sebagian besar orang menganggap benalu hanya dari kesannya yang parasit dan merugikan. Jarang orang tahu bahwa benalu ternyata sangat berguna dalam bidang medis. Benalu dapat digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, tergantung zat yang terkandung dalam benalu tersebut.
Karena benalu sangat bergantung pada tanaman inangnya, maka zat yang terkandung dalam benalu juga berbeda-beda tergantung jenis inangnya.. Contohnya, Benalu yang menempel pada pohon teh, memiliki kandungan zat yang berbeda dengan benalu yang menempel pada tanaman jeruk nipis. Hal ini juga memberikan khasiat medis yang berbeda pada masing-masing jenis Benalu..
Pemanfaatan
- Benalu pohon teh dapat diramu menjadi obat anti tumor dan kanker.
- Benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat Amandel
- Jenis Benalu yang umum bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit campak.

Beberapa Kutipan Pustaka:
Kandungan Kimia Daun dan batang benalu mengandung alkaloida, saponin, flavonoid dan tanin . Benalu dari spesies Dendrophthoe mengandung glikosida kuersetin. Aktivitas Farmakologi
Herba benalu berkhasiat anti radang, anti bakteri dan anti bengkak (Anonim, 1999). Penelitian lain menyebutkan bahwa benalu memiliki kegunakan sebagai obat batuk, diuretik, pemeliharaan kesehatan ibu pasca persalinan, penghilang rasa nyeri, luka atau infeksi kapang (Hargono, 1995). Fraksi air dan fraksi etil asetat dari daun benalu yang tumbuh pada petai mampu melarutkan batu ginjal kalsium secara in vitro (Sasmito et al., 2001). Pemakaian benalu bersama beberapa bahan lain juga berkhasiat dalam pengobatan kanker, amandel dan penyakit campak (Thomas, 1999).
Peneliti yang saat ini meneliti Benalu sebagai Obat Kanker

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar