Selasa, 20 Desember 2011


Refleksi kelompok 3
Cahaya dan Suhu
      Kita tahu bahwa ada banyak factor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan. Diantaranya ialah factor biotic dan abiotik. Salah satu yang tercangkup dari factor abiotik ilah suhu dan cahaya. Dalam ekologi terdapat 3 aspek penting mengenai cahaya, yakni: kualitas cahaya, intensitas cahaya dan lama penyinaran. Tumbuhan memiliki kemampuan adaptasi anatomis dan fisiologis yang berkembang untuk kelangsungan hidupnya. Sehingga pada tumbuhan tertentu dapat bertahan dalam kondisi yang ekstrim atau tidak sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Sebagai contoh tumbuhan holiophyta dapat merespon kondisi ekstrem tempat tumbuhnya, seperti adanya kelenjar garam pada golongan secreter dan kulit yang mengelupas pada golongan non secreter sebagai tanggapan pada lingkungan yang berkadar garam tinggi.
Karakteristik tumbuhan terhadap cahaya dibagi menjadi 2, yaitu:
a.      Tumbuhan yang teradaptasi untuk hidup pada tempat-tempat dengan intensitas cahaya yang tinggi biasa disebut tumbuhan dengan intensitas cahaya yang tinggi biasa disebut tumbuhan heliophyta.
b.      tumbuhan yang hidup baik dalam situasi jumlah cahaya yang rendah, dengan titik kompnesasi yang rendah pula, dikenal dengan tumbuhan senang keteduhan atau sciophyta, metabolismenya lambat dan demikian juga proses respirasinya.

Factor kedua ialah suhu. Terdapat perbedaa suhu di berbagai permukaan bumi. Hal ini dikarenakan oleh beberapa seba, yakni:
a.      Komposisi dan warna tanah
b.      Kegemburan dan kadar air tanah
c.      Kerimbunan tumbuhan
d.     Iklim mikro perkotaan
e.      Kemiringan lereng dan garis lintang
Terdapat 4 zonasi tumbuhan berdasarkan karakteristik suhu yaitu zona panas, zona sedang ,zona sejuk dan zona dingin.


Refleksi kelompok 4

Lingkungan biotic dan abiotik

            Permukaan bumi ini tentunya dilapisi oleh atmosfer. Atmosfer ialah lapisan gas yang melingkupi suatu planet (bumi) sampai jauh keluar angkasa. Atmosfer erdiri dari beberapa lapisan. Berdasarkan tingkat lapisan atmosfer dari yang terluar ialah eksofer, ionosfer, termosfer, mesosfer, stratosfer, dan troposfer.
Angin merupakan pergerakan udara dan timbul akibat pemanasan yang tetap dari udara dalam hubungannya dengan permukaan bumi, serat perputaran bumi pada porosnya.
Udara panas menjadi lebih ringan dan naik keatas akibat tekanan yang rendah. Keadaan ini akan segera diganti oleh udara dingin dan berat yang bertekanan tinggi. Pergerakan mendatar dari bagian udara yang dingin ini yang menggantikan masa udara yang lebih panas disebut angin.
Angin sangat membantu dalam proses penyebaran tumbuhan,angin juga membantu dalam proses penyerbukan atau pembuahan beberapa jenis tumbuhan,sehingga proses regenerasi tumbuhan dapat berlangsung. Bahkan ada tumbuhan tertentu yang penyebaran benihnya di lakukan oleh angin.tumbuhan yang penyebarannya di bantu oleh angin secara biologi di sebut enemikori. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar