Rabu, 07 Mei 2014

Plankton! Tokoh Kartun Pembawa Cacing Pita pada Ikan



            Helo guys lama gak nongol nich..
          Hingga pada suatu sore, sahabat saya yang bercita-cita buat jadi penulis membangunkan saya. 

Katanya, “sesuatu yang kita anggap urgent, gak semestinya cuma jadi perbincangan kosong kita berdua aja. Adakalanya semua orang tau, biar setidaknya perubahan mindset mereka bisa dihitung PERUBAHAN. Itu berarti ide kita memberikan perubahan ”
            Iyalah men... kita uda gede... uda saatnya jadi Agent Of Change.. Tentunya Positive Change kawan.. not Negative Change. #apa hubungannya????...
Okeh.. then
Tulisan pertama saya ini saya mulai dengan membahas makhluk kecil setengah besar bermata satu.

 It’s called Cyclops.
          Menurut salah satu stasiun televisi swasta yang membahas tentang 7 tokoh animasi  paling nyata di dunia nyata, menyebutkan bahwa salah satu tokoh animasi plankton dalam film animasi anak-anak Spongebob Squarepants berasal dari hewan plankton spesies Cyclops. Siapa yang tak kenal spongebob. Film animasi ini sangat populer dikalangan anak-anak sedunia. Tokoh dalam film tersebut diambil dari beberapa hewan laut dan darat. Salah satunya adalah plankton. 
            Plankton merupakan tokoh animasi dalam film Spongebob Squarepants yang berwarna hijau dan berukuran sangat kecil. Ia memiliki antena berjumlah 2 dan merupakan makhluk yang cerdas. Ini terbukti dengan alat-alat canggih yang berhasil ia ciptakan. Namun, ia tidak pernah puas dan tetap berusaha mencuri resep rahasia Kraby Patty dari musuhnya kepiting merah bernama Mr. Krab.
            Tokoh animasi plankton tersebut diambil dari kehidupan nyata yakni dari hewan bertubuh  mini bernama Cyclops. Cyclops merupakan hewan tingkat rendah invertebrata (tidak bertulang belakang). 

Taksonomi Cyclops adalah sebagai berikut:

Klasifikasi
Kingdom         : Animalia
Phylum            : Arthropoda
Subphylum      : Crustacea
Class                : Maxillopoda
Sub class         : Copepoda
Orde                : Cylopoida
Family             : Cylopydae
Genus              : Cylops
Spesies            : Cylops s. (Anonim, 2013)



Individu Cyclops bisa berkisar dari -5 ½ mm dan jelas dibagi menjadi dua bagian. Bagian depan bagian oval luas terdiri dari kepala dan dada lima pertama segmen. Bagian belakang jauh lebih ramping dan terdiri dari segmen toraks keenam dan empat segmen pleonic tak berkaki. Dua ekor pelengkap proyek dari belakang. Meskipun mereka mungkin sulit untuk mengamati, Cyclops memiliki lima pasang kaki. Panjang antena pertama digunakan oleh jantan untuk mencengkeram betina saat kawin. Setelah itu, betina membawa telur dalam dua kantung kecil di tubuhnya. Larva, atau nauplii , bebas berenang dan tersegmen.
Cyclops memiliki distribusi kosmopolitan di air tawar dan air payau . Ia hidup di sepanjang perairan yang tertutup tanaman dan adanya mengalir air, di mana ia makan pada fragmen kecil dari bahan tanaman, hewan atau bangkai. Cyclops memiliki kapasitas untuk bertahan hidup dalam kondisi tidak cocok dengan membentuk sebuah jubah lendir.
            Bila ditinjau dari segi sejarah, nama Cyclops sendiri diambil dari makhluk berukuran raksasa yang memiliki mata satu dalam mitologi Yunani.
Menurut mitologi tersebut Cyclops merupakan anak dari Gaia dan Uranus. Terdapat 3 Cyclops yakni Arges, Brontes dan Steropes. Namun dikarenakan penampilan yang mengerikan, mereka dipenjarakan oleh Uranus di Tartaros bersama Hekatonkhire.
            Suatu hari, Zeus, raja para dewa dalam mitologi Yunani, membutuhkan bala bantuan untuk menyerang para Titan. Sehingga ia berinisiatif untuk membebaskan para  Cyclops dari Tartaros. Cyclops yang memang ahli dalam menempa besi kemudian membuatkan petir untuk Zeus, trisula untuk Poseidon, dan helm gaib untuk Hades.
            Zeus adalah dewa Yunani yang namanya berasal dari kebudayaan Indo-Eropa. Zeus diadaptasi dalam mitologi Romawi menjadi Yupiter. Zeus adalah dewa langit dan petir. Ia juga dikenal sebagai Ayah para dewa dan manusia. Para Cyclops bekerja membuat petir untuk Zeus.
            Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai dan danau. Poseidon memiliki senjata berupa trisula yangbisa menyebabkan gempa dan banjir. Trisula inilah yang dibuat oleh para Cyclops semasa Titanomakhia. Poseidon merupakan pelindung begi banyak kota di Yunani, meskipun ia gagal mendapatkan kota Athena.
            Hades adalah dewa dunia bawah dalam mitologi Yunani. Dia bersama kedua saudaranya Zeus dan Poseidon mengalahkan para Titan dan mengambil alih kekuasaan dunia. Namun, setelah dilakukan undian untuk menentukan tempat kekuasaan Hades mendapatkan kekuasaan dunia bawah (kematian). Para Cyclops membuatkan helm gaib untuk membantu tugas Hades sebagai dewa dunia bawah.
            Demikianlah sejarah singkat nama cyclops itu diambil. Namun, perlu diketahui bahwa  Cyclops merupakan hospes perantara dari cacing pita dari genus Diphyllobothriumcacing ini tergolong Pseudophyllidae yang terdapat sebagai cacing dewasa pada manusia. Panjangnya sampai 10 m.
Cacing pita tersebut menyebabkan penyakit Diphyllobothriasis pada manusia. Telur dari cacing pita ini dikeluarkan bersama tinja manusia. Dalam air, sel telur menjadi onkosfer dan telur menetas mengeluarkan korasidiaum yakni embrio bersilia. Korasidiaum dimakan oleh Cyclops. Dalam tubuh Cyclops, korasidium berkembang menjadi procercoid. Bila Cyclops yang mengandung procercoid dimakan oleh ikan, maka procercoid akan tumbuh menjadi bentuk infektif. Bentuk ini siap menginfeksi manusia bila ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia (Safar, 2010).
            Ternyata keberadaan hewan terkecil sekalipun perlu kita waspadai keberadaannya. Karena hewan kecil dapat mengandung telur dari hawan yang lebih besar dan siap menginfeksi manusia. Untuk itu, penulis berpesan hendaknya dalam memasak ikan, kita memasaknya sampai matang sebelum dikonsumsi. Ingat! Penyakit tidak hanya datang karena niat pelakunya namun juga karena ada kesempatan. Maka Waspadalah! Waspadalah!

Daftar Pustaka :
            Diakses pada 07 Mei 2014
Safar Rosdiana, 2010. Parasitologi Kedokteran. Yrama Widya : Bandung
           

1 komentar: